Minggu, 15 Mei 2011

Wawako H. Edwin, SP: 10 Ribu Bayi Lahir Setiap hari di Indonesia

KOPI, PADANG PANJANG - Wakil Walikota Padang Panjang Ir. H. Edwin, SP secara resmi membuka Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia Keluarga Berencana Kesehatan (IBI-KB-Kesehatan) Sumbar di Padang Panjang 2011, Kamis (12/5).

Kegiatan ini adalah bahagian salah satu upaya menekan angka pertumbuhan penduduk yang kini sudah pada tahap mengkhawatirkan.
Pencanangan yang ditandai pemukulan gong oleh Wakil Walikota Padang Panjang Ir. H. Edwin, SP, didampingi ketua DPRD Padang Panjang Novi Hendri Dt. Bagindo Saidi, SE, M.Si, Kapolres Padang Panjang AKBP Sofian Hidayat.Sketua BKKBN Propinsi Sumbar Drs. H. Muhammad Yamin Waisale, ketua IBI Propinsi Sumbar Dra. Mulyati Usman,
Wakil Walikota Edwin menegaskan, Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan ini sangat penting dalam rangka melindungi masyarakat Kota Padang Panjang dari dampak negatif akibat ledakan populasi penduduk, selain sebagai salah satu kegiatan pendukung program Keluarga Berencana (KB) yang akhir-akhir ini kian digalakkan.
“Tak dapat dipungkiri, kependudukan memiliki implikasi yang sangat luas terhadap sektor pembangunan, terutama sekali berkaitan dengan penyediaan fasilitas pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, lingkungan hidup, perumahan dan sebagainya,” ungkap Wakil Walikota.
Selain itu, lanjutnya, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah banyak sementara keberadaan lahan untuk pemukiman yang semakin terbatas akan berakibat munculnya nanti pemukiman-pemukiman liar (squater) dengan kondisi lingkungan kumuh dan nilai-nilai kesehatan yang rendah.
“Sehingga dengan kondisi yang demikian nantinya akan sangat rentan terhadap penyebaran penyakit menular, gejala gizi buruk serta penurunan tingkat intelijensi anak-anak terutama yang berada dalam masa pertumbuhan,” ungkap Edwin.
Menurutnya, program KB mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia yang sehat dan sejahtera sesuai dengan visi program KB Nasional serta penguatan profesi Bidan dalam pencapaian MDGs 2015. Untuk itu, pelaksanaan program KB sangat perlu ditingkatkan.
Kerena kata Wawako secara nasional, “Di Indonesia sekitar 10 bayi setiap harinya lahir, tentu hal ini perlu menjadi perhatiahan khusus oleh organisasi IBI. Bahkan 28 oran Ibu meninggal perhari akbit melahirkan. Untuk itu, jangalah jemuh memberikan pelayanan kepada masyarakat kita terutama kaum Ibu yang berusia subur,” kata Wawako Edwin berharap. (ce)
Comments
Add New

Tidak ada komentar: