Minggu, 15 Mei 2011

10 Wanita Eks Penyandang Penyakit Sosial Dilatih Keterampilan

KOPI, PADANGPANJANG - Setelah melakukan pelatiahan terhadap 10 Wanita eks penyandang penyakit sosial yang ada di Kota Padang Panjang, “Kini mereka mulai disibukan dengan aktivitas ilmu yang mereka peroleh”, kata Kadis Sosnaker Padang Panjang Drs. Bustami Narda melalui Kabid pelayanan reabilitasi sosial Adri Bermawi didampingi Kasi Bantuan Sosial  di ruang kerjanya Rabu (11/5).
Pendidikan yang diberikan kepada 10 Wanita itu kata Adri, merupakan keterampilan mebuat kue  yang berkualitas dan bisa dipasarkan di pasaran. Bahkan, setelah pelatihan keterampilan, “Kita memberikan bekal perlengkapan dan bahan untuk modal awal usaha,” katanya.
Seperti kompor hok, open hok, migser dan peralatan yang lainnya, sedangkan untuk bahan mebuat kue, kita beri mereka tepung, gula dan mentega dan ini langsung diserahkan oleh Wakil Walikota H. Edwin.
“Sebelumnya para 10 wanita ini tidak ada mempunyai kegiatan rutin, bahkan dari pada mereka ada yang jada dengan beban tanggung jawab yang cukup berat, hal inilah yang mengkuatirkan Pemerintah Kota Padang Panjang bakal bergejolak penyakit sosial. Dengan dibekalinya mereka ketarmpilan dan modal awal tentu aktivitas mereka mulai berubah,” ucap Adri Bermawi diamini Yon Hendri.
Namun kita tetap memantau dan meberikan motivasi kepada meraka agar berusaha semaksimal mungkin. Salah satunya Susi warga Kelurahan Tanah Hitam Kecamtan Padang Panjang Barat, Yus di Jembatan Besi dan Dewi di Kelurahan Sigando.
Meskipun pelatihan keterampilan ini hanya cuma 5 hari yankni 25 sampai 29 April lalu oleh instruktur dari Lembaga Pendidikan Keterampilan Minang Kreatif Padang Panjang, tetapi hasil aupotnya terhadap mereka (red) sangat menggembirakan, “Sekarang saya sudah mempunyai usaha sendiri, meskipun usaha kecil-kecilan yakni  membuat kue yang penting halal,” ungkap Susi. (217)

Tidak ada komentar: